umum

Pertandingan ke-100 Ronaldo untuk Portugal

Tribunnews.com – Selasa, 16 Oktober 2012 23:04 WIB
Share
 Text  +  

Cristiano Ronaldo bertekad membayar kepercayaan yang ditumpukan ke pundaknya dengan kemenangan, saat memimpin Portugal melawan Irlandia Utara.

Pertandingan kualifikasi Grup F Piala Dunia 2014 ini akan digelar di ibukota Portugal, Lisabon, pada Selasa malam (16/10).

Laga ini akan menjadi pertandingan Ronaldo yang ke-100 untuk tim nasional Portugal.

“Hanya ada satu keinginan, yaitu meraih kemenangan. Ini sebagai bentuk terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada saya,” kata Ronaldo.

Ronaldo pertama kali membela Portugal pada 23 Agustus 2003 dalam pertandingan melawan Kazakhstan.

Pemain Real Madrid yang pernah dikontrak Manchester United ini menyebutnya sebagai pengalaman yang tidak akan bisa ia lupakan.

Ketika itu ia turun ke lapangan menggantikan bintang Portugal yang tengah bersinar, Luis Figo.

Pemalu

Sejak itu Ronaldo berubah dari pemain pemalu menjadi pemain termahal di dunia.

Ia juga mengantarkan Portugal ke posisi tiga peringkat FIFA meski sejauh ini trofi penting, seperti Piala Eropa dan Piala Dunia, belum bisa ia persembahkan.

Di usia 27 tahun, Ronaldo akan menjadi salah satu pemain Eropa termuda yang mencapai rekor 100 kali membela tim nasional.

Dua nama yang sejajar dengan Ronaldo adalah Lukas Podolski dari Jerman dan Kristen Viikmae dari Estonia.

Dalam sejarah Portugal hanya ada dua pemain yang menembus angka 100, yaitu Luis Figo dan Fernando Couto, yang masing-masing telah membela tim nasional masing-masing 127 dan 110 kali.

Francisco Afonso, guru sekolah dasar di Madeira, telah memperkirakan Ronaldo akan menjadi pemain besar ketika pertama kali melihatnya berlatih.

“Ia selalu memanfaatkan kesempatan dan memiliki keinginan besar untuk belajar,” kata Afonso.

Afonso mengungkapkan bahwa pada awalnya posisi favorit Ronaldo adalah poros halang.

Namun Ronaldo selalu ingin mengorganisir teman-temannya di lapangan dan pada akhirnya kebiasaan ini membuat dirinya menjadi penyerang.

Selama berkarier untuk Real dan Manchester United, Ronaldo menjuarai La Liga, Copa del Rey, tiga kali gelar juara Liga Primer, sekali Liga Champions, dan sekali Piala FA.

By fraseptiodiansyah Posted in Umum

Leave a comment